Voucher Paket Wisata yang DIjual di e-kuta.com selain dgn BOOKING ONLINE, bisa dibeli di outlet SPESIAL SAMBAL mister lele (MLSS) , klik di sini
Powered by MaxBlogPress  

Cerita dan Asal Muasal Tari Kecak, Bali

By Kenzie Kayana , Tari Barong Batubulan , Tanjung Benoa Watersport dan Bali Rafting Murah

PROMO MURAH NOVEMBER - DESEMBER 2014 & JANUARI 2015VOUCHER DISKON (HARGA E-KUTA.COM)
Watersport Tanjung Benoa Rp. 200.000 85.000 /orang
Ayung Rafting Rp. 450.000 275.000 /orang
Telaga Waja RaftingRp.450.000 275.000/orang
Quicksilver CruiseRp. 850.000 645.000 /orang
Bounty CruiseRp.860.000 610.000 /orang
Bali Hai CruisesRp.920.000 830.000 /orang
Sunset Dinner Cruise (romantic dinner) Rp.600.000 420.000 /orang
Seawalker Tanjung BenoaRp.650.000 405.000 /orang
Marine Walk Nusa Lembongan Rp.750.000 615.000 /orang
Sewa Mobil Avanza + Driver (tanpa BBM)Rp.300.000 275.000 /10 jam
Scuba DivingRp.500.000 300.000 /orang
Odyssey SubmarineRp.800.000 545.000 /orang
Tour Pulau PenyuRp.650.000 350.000 /10 orang
Seafood Pantai JimbaranRp.275.000 135.000 /paket
Bali Bird ParkRp.120.000 85.000 / orang
Naik Unta (Camel Safari)Rp.400.000 280.000 /orang
Naik Gajah (Elephant Safari)Rp.700.000 560.000 / orang
Tiket tari Kecak UluwatuRp.120.000 90.000 / orang
Tiket Tari Barong BatubulanRp.120.000 70.000 / orang
Tiket Perahu Dolphin Lovina (Lumba-Lumba)Rp.200.000 100.000 / orang
Paket Spa BaliRp.400.000 220.000 / orang
Paket Tour Seafood Jimbaran KecakRp.600.000 495.000 / orang
Fast Boat ke LombokRp.520.000 420.000 / orang
BOOK NOW >>>BOOK NOW >>>

Share

tari-kecakTiket Tari Kecak Uluwatu dengan view sunset dan samudera hindia dan satu-satunya di Bali, dapat dipesan di SINI

Tak diketahui secara pasti darimana tari kecak berasal dan dimana pertama kali berkembang, namun ada suatu macam kesepakatan pada masyarakat Bali kecak pertama kali berkembang menjadi seni pertujukan di Bona, Gianyar, sebagai pengetahuan tambahan kecak pada awalnya merupakan suatu tembang atau musik yang dihasil dari perpaduan suara yang membentuk melodi yang biasanya dipakai untuk mengiringi tari Sanghyang yang disakralkan. Dan hanya dapat dipentaskan di dalam pura. Kemudian pada awal tahun 1930an seniman dari desa Bona, Gianyar mencoba untuk mengembangkan tarian kecak dengan mengambil bagian cerita Ramayana yang didramatarikan sebagai pengganti Tari Sanghyang sehingga tari ini akhirnya bisa dipertontontan di depan umum sebagai seni pertunjukan. Bagian cerita Ramayana yang diambil pertama adalah dimana saat Dewi Sita diculik oleh Raja Rahwana.

kecak

Perkembangan Tari Kecak Di Bali

Tari kecak di Bali mengalami terus mengalami perubahan dan perkembangan sejak tahun 1970-an. Perkembangan yang bisa dilihat adalah dari segi cerita dan pementasan. Dari segi cerita untuk pementasan tidak hanya berpatokan pada satu bagian dari Ramayana tapi juga bagian bagian cerita yang lain dari Ramayana.

Kemudian dari segi pementasan juga mulai mengalami perkembangan tidak hanya ditemui di satu tempat seperti Desa Bona, Gianyar namun juga desa desa yang lain di Bali mulai mengembangkan tari kecak sehingga di seluruh Bali terdapat puluhan group kecak dimana anggotanya biasanya para anggota banjar. Kegiatan kegiatan seperti festival tari Kecak juga sering dilaksanakan di Bali baik oleh pemerintah atau pun oleh sekolah seni yang ada di Bali. Serta dari jumlah penari terbanyak yang pernah dipentaskan dalam tari kecak tercatat pada tahun 1979 dimana melibatkan 500 orang penari. Pada saat itu dipentaskan kecak dengan mengambil cerita dari Mahabarata.

Namun rekor ini dipecahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan yang menyelenggarakan kecak kolosal dengan 5000 penari pada tanggal 29 September 2006, di Tanah Lot, Tabanan, Bali.

Pola Tari Kecak

Sebagai suatu pertunjukan tari kecak didukung oleh beberapa factor yang sangat penting, Lebih lebih dalam pertunjukan kecak ini menyajikan tarian sebagai pengantar cerita, tentu musik sangat vital untuk mengiringi lenggak lenggok penari. Namun dalam dalam Tari Kecak musik dihasilkan dari perpaduan suara angota cak yang berjumlah sekitar 50 – 70 orang semuanya akan membuat musik secara akapela, seorang akan bertindak sebagai pemimpin yang memberika nada awal seorang lagi bertindak sebagai penekan yang bertugas memberikan tekanan nada tinggi atau rendah seorang bertindak sebagai penembang solo, dan sorang lagi akan bertindak sebagai ki dalang yang mengantarkan alur cerita. Penari dalam tari kecak dalam gerakannya tidak mestinya mengikuti pakem-pakem tari yang diiringi oleh gamelan. Jadi dalam tari kecak ini gerak tubuh penari lebih santai karena yang diutamakan adalah jalan cerita dan perpaduan suara.

Tempat Pertunjukan Tari Kecak
Dari beberapa tempat pertunjukan, yang kami rekomendasikan adalah di Uluwatu. Pertunjukan Kecak di sini sangat spesial karena stage atau panggung berada di atas bebatuan dengan tinggi puluhan meter, view sunset dan samudera Hindia yang luas membentang di depan. Tiket terbatas, anda dapat memesan tiket melalui e-kuta.com, klik di sini atau dapat mengikuti program tour terfavorit di Bali, Paket Kecak Seafood Tour.

Atau Anda tidak mau repot cari jalan sendiri untuk menonton tari Kecak, silakan sewa mobil dan sopir bersama e-kuta.com. Semua driver kami ramah, khusus pariwisata (mengenal objek wisata dengan baik), harga lebih murah dan liburan Anda pasti menyenangkan, info harga dan tipe mobil klik di Sewa Mobil di Bali

Sinopsis atau cerita Singkat Tari Kecak @ Uluwatu

Adegan I: Rama, Sita dan Kijan Emas
Rama, Sita dan Laksamana memasuki arena, lalu muncul Kijang Emas. Sita meminta Rama untuk menangkapnya, Rama meninggalkan Sita yang dijaga oleh Laksamana. Tiba-tiba terdengar jeritan minta tolong. Menurut Sita, itu pasti Rama., lalu enyuruh Laksamana untuk membantunya. Pada saat itu sebenarnya Laksamana enggan untuk meninggalkan Sita, karena ingat akan pesan kakaknya, Rama, untuk menjaga Sita. Tetapi karena dituduh hendak mencari untung atas kematian Rama, Laksamana naik pitam dan oergi meninggalkan Sita seorang diri.

Adegan II: Sita, Rahwana, Bhagawan, dan Garuda
Rahwana muncul, hendak menculik Sita, namun tak berhasil. Tetapi dangan akal jahatnya Rahwana berubah wujud menjadi Bhagwan (orang tua) yang sedang kehausan dan meminta diambilkan air oleh Dewi Sita. Setelah diambilkan air, Sita dibawa lari oleh Bhagawan tersebut yang sebenarnya adalah Rahwana. Sita lalu enjerit meminta tolong dan jeritannya tersebut didengar oleh Burung Garuda yang sedang terbang di angkasa. Lallu Garuda menolong Sita, namun pertolongannya tidak berhasil karena sayapnya putus ditebas oleh Rahwana, Sita pun dibawa kabur ke Alengka Pura oleh Rahwana.

Adegan III: Twalen, Rama, Truna Laksamana dan Hanoman
Dengan ditemani abdinya, Rama dan Laksamana yang  sedang tersesat di hutan Ayodya Pura ingat pada istrinya yaitu Dewi Sita yang dibawa kabur oleh Rahwana ke Alengka Pura. Dengan bantuan Hanoman (si kera putih), Rama menyuruh Hanoman membawa cincinnya ke Alengka Pura untuk diberikan ke pada Dewi Sita.

Adegan IV: Sita, Trijata dan Hanoman
Dengan ditemani Trijata, keponakan Rahwana, Sita meratappi nasibnya di Taman Istana Alengka. Hanoman muncul, ia berkata bahwa ia adalah utusan Sang Rama dan ia pun memperlihatkan cincin Rama yang dibawanya. Sita lalu menyerahkan bunga untuk diserahkan kepada Rama dengan pesan agar Rama segera menyelamatakannya. Dan Hanoman pun langsung pergi menuju tetamanan Alengka Pura, lalu mengobrak-abriknya sampai tak berbentuk, sehingga abdi Alengka Pura terkejut melihat keadaanyang sudah parah dan menyuruh para raksasa untuk mencari si pembuat onar tersebut. Dan Hanoman pun tertangkap lalu diikat dan dibakar. Namun karena kesaktiaannya, Hanoman akhirnya lolos dari maut.

Tiket dibeli secara online di website resmi www.tarikecak.com atau juga bisa melalui e-kuta.com. Untuk memasuki kawasan Pura Uluwatu, dikenakan dahulu tiket masuk Rp15.000 untuk wisatawan domestik. Telp kantor tari Kecak : 081236124950, 081353454212, tiket dibeli minimum 3 hari sebelumnya.

kc

Berikut peta kantor Sales dan Marketing Tari Kecak Uluwatu.

View Larger Map

(dikutip dari berbagai sumber)

  • SEJARAH tari kecak
  • sejarah tari kecak bali
  • asal usul tari kecak
  • asal mula tari kecak
  • cerita tari kecak
  • asal usul tari kecak bali
  • perkembangan tari kecak
  • sejarah tarian kecak
  • asal usul tari barong
    Mengapa memilih PT. BALI RC BERJAYA / Ekuta Holiday sebagai partner liburan di Bali?
    - Berpengalaman. Tim PT BALI RC BERJAYA / Ekuta Holiday telah berpengalaman melayani ribuan customer baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara
    - Transaksi aman. Semua pembayaran ke rekening e-kuta.com via bank transfer, kartu kredit (Paypal) sangat aman. Semua menggunakan akun perusahaan (bukan pribadi)
    - Pelayanan ramah dan professional
    - Harga kompetitif. Selain harga lebih murah, tetapi kami lebih mengutamakan kualitas pelayanan. Kami selalu memilih provider seperti rafting yang memiliki fasilitas yang bagus, pelayanan ok. Percayalah, harga selalu berbanding lurus dengan pelayanan.
    - Terlengkap. Ekuta melayani pembelian voucher sewa mobil hingga tiket pertunjukan seni Bali seperti tari Kecak atau Barong
    - Alternatif pembayaran banyak.Selain pembayaran via bank transfer atau paypal, bisa juga melalui western union, kantor pos atau membayar langsung di semua outlet Spesial Sambal Mister Lele (rumah makan favorit di Bali). Info outlet di www.misterlele.com atau www.spesialsambal.net
    - Pelayanan supir / driver on time. Khusus pelayanan sewa mobil Bali di e-kuta.com, pelayanan supir selain ramah dan profesional, juga mengedepankan on time atau tepat waktu.
    - Sewa Mobil Mewah di Bali. Kami juga melayani client-client VIP seperti dari pimpinan perusahaan, pejabat dll dengan berbagai pilihan kendaraan mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard, camry, BMW x5, Smart for two, Mini cooper, Mercy, Rubicon, Hummer dll baik untuk keperluan liburan, bisnis, wedding / prewedding maupun konferensi.

    Tags: , , , , , , , , Kategori tari Bali




    2 Komentar untuk artikel “Cerita dan Asal Muasal Tari Kecak, Bali”

    1. Cheater PRO berkomentar :

      kk klo perkembangan nya????

    2. ekutablog berkomentar :

      @Cheater, sekarang masih tetap eksis, seperti pertunjukan di Uluwatu. Kalau mau nonton tari Kecak, silakan pesan di website ini sebelum habis.

    Tulis Komentar