Voucher Paket Wisata yang DIjual di e-kuta.com selain dgn BOOKING ONLINE, bisa dibeli di outlet SPESIAL SAMBAL mister lele (MLSS) , klik di sini
Powered by MaxBlogPress  

Situs Batu Gambir – Upit di Desa Julah, Tejakula – Buleleng Bali

By Kenzie Kayana , Tari Barong Batubulan , Tanjung Benoa Watersport dan Bali Rafting Murah

BANJIR PROMO MARET - APRIL 2014HARGA PROMO (HARGA E-KUTA.COM)
Watersport Tanjung Benoa Rp. 200.000 85.000 /orang
Ayung Rafting Rp. 450.000 260.000 /orang
Telaga Waja RaftingRp.450.000 260.000/orang
Quicksilver CruiseRp. 850.000 635.000 /orang
Bounty CruiseRp.760.000 590.000 /orang
Bali Hai CruisesRp.920.000 790.000 /orang
Sunset Dinner Cruise (romantic dinner) Rp.600.000 380.000 /orang
Seawalker Tanjung BenoaRp.650.000 400.000 /orang
Marine Walk Nusa Lembongan Rp.750.000 600.000 /orang
Avanza + Driver (tanpa BBM)Rp.300.000 275.000 /10 jam
Scuba DivingRp.500.000 300.000 /orang
Odyssey SubmarineRp.800.000 545.000 /orang
Tour Pulau PenyuRp.650.000 350.000 /10 orang
Seafood Pantai JimbaranRp.275.000 130.000 /paket
Bali Bird ParkRp.120.000 80.000 / orang
Naik UntaRp.400.000 280.000 /orang
Naik Gajah TaroRp.700.000 560.000 / orang
Tiket tari Kecak UluwatuRp.120.000 80.000 / orang
Tiket Tari Barong BatubulanRp.120.000 70.000 / orang
Paket Spa BaliRp.400.000 220.000 / orang
BOOK NOW >>>BOOK NOW >>>

Share

Secara administrasi Situs Batu Gambir terletak di Desa Julah Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng. Lokasi ini tepat di selatan Dusun Julah dan terletak di daerah perbukitan. Dusun Batu Gambir menurut informasi masyarakat sekitar, dahulunya merupakan lokasi Pura Bale Agung Desa Julah. Tetapi Pura Bale Agung yang sekarang sudah dipindahkan ke bawah yaitu terletak di Dusun Julah. Kepindahan pura dari atas ke desa di bawah tidak diketahui secara pasti kronologisnya.

Kondisi yang ada sekarang, lokasi tersebut merupakan tanah perkebunan milik Desa Adat Julah. Desa Julah secara umum merupakan daerah perbukitan yang bergelombang kecuali di daerah pantai yang bertopografi landai. Sedangkan untuk Dusun Batu Gambir berada di punggungan bukit yang sebelah barat dan timurnya terdapat cekungan sungai yang curam.

Secara geologi, daerah Julah merupakan satu-kesatuan gugusan pegunungan Bali Utara yang juga merupakan sambungan dari pegunungan “Zone Solo’ di Jawa yang merupakan susunan vulkanik dari jaman Kwarter yang terbentuk sejak masa Plestosen Bawah hingga sekarang. Pada zone ini terdapat kompleks Gunung Batur yang diperkirakan mempunyai aliran lava ke arah utara sehingga melewati Desa Sembiran, Pacung, Julah, dan Bondalem melalui sungai-sungai yang terdapat di lokasi tersebut.

Penelitian arkeologi di Desa Julah sangat jarang dilakukan, tercatat hanya sekali dilakukan penggalian secara sistematis pada tahun 1987. Penggalian ini hanya membuka satu kotak yaitu kotak Julah I (JLH I). Hasil dari penggalian di kotak JLH I tersebut antara lain sejumlah fragmen gerabah, keramik Cina, dan fragmen tulang binatang. Kepadatan temuan terdapat pada spit 9 dan 10 atau pada layer ke-3.

Penggalian di Situs Batu Gambir pada tahun 2005 merupakan penelian kali pertama dan kelanjutan penelitian di daerah Bali Utara, khususnya wilayah Julah karena pernah disebut dalam prasasti Sembiran dan Julah yang berjumlah 20 buah dan sekarang tersimpan di dua desa tersebut yaitu 10 buah di Desa Sembiran dan 10 buah di Desa Julah. Disebutkan bahwa Julah merupakan desa yang sudah berkembang pada masa tersebut, bahkan merupakan “kota pelabuhan” yang telah memiliki pasar (tempat perdagangan) yang representatif. Sebagai bukti adalah penyebutan Kumpi Bahugya atau Ser pasar (kepala pasar) yang berkuasa pada tahun 844 Ç atau 922 Masehi. Sebagai sebuah kota pelabuhan, Julah sering dan banyak dikunjungi oleh pedagang lokal dan pedagang asing dengan menggunakan barbagai jenis alat angkutan air seperti perahu, lancang, talaka , kapal dan sejenisnya.

Jenis temuan yang ditemukan di Situs Batu Gambir adalah berupa artefak dan ekofak, baik temuan lepas ataupun temuan yang berasosiasi. Temuan fragmen gerabah merupakan temuan yang terbanyak ditemukan di kedua kotak tersebut. Tipe-tipe gerabah yang berhasil direkonstruksi berdasarkan temuan tepian dan fragmen yang bisa diidentifikasi adalah tipe piring, mangkuk, pasu, kendi, dan tutup. Artefak yang lain yang ditemukan adalah temuan keramik Cina yang memiliki keragaman temuan baik kronologis tahun pembuatan maupun bentuknya. Secara umum bentuk temuan dapat dibedakan menjadi empat yaitu piring, mangkuk, cepuk, dan tempayan-guci. Masa pembuatan keramik tersebut diperkirakan berasal dari Dinasti Sung, Yuan, dan Ming yang berkembang antara abad X – XVI Masehi. Temuan artefak yang mendukung kegiatan sosial adalah temuan fragmen uang kepeng yang digunakan sebagai alat pembayaran. Temuan ekofak yaitu berupa arang, gigi binatang, dan fragmen tulang binatang merupakan temuan yang mencerminkan aktivitas masyarakat Julah Kuna.

Secara umum berdasarkan analisis temuan maka dapat diketahui bahwa masyarakat Julah pada masa Bali Kuna merupakan masyarakat yang kompleks. Faktor perdagangan merupakan pemegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan barang yang tidak dapat diperoleh dari daerah sekitar. Situs Batu Gambir merupakan situs berkarakter sebagai hunian (settlement) yang sebagian besar masyarakatnya menggantungkan diri terhadap kehidupan perkebunan (ladang) dan peternakan.

Sumber : http://arkeologi.web.id

  • AWAL TERBENTUKNYA DESA SEMBIRAN
    Mengapa memilih e-kuta.com / Ekuta Holiday sebagai partner liburan di Bali?
    - Berpengalaman. Tim e-kuta.com / Ekuta Holiday telah berpengalaman melayani ribuan customer baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara
    - Transaksi aman. Semua pembayaran ke rekening e-kuta.com via bank transfer, kartu kredit (Paypal) sangat aman. Cara mudah kredibilitas dengan mengecek adalah via search engine Google
    - Pelayanan ramah dan professional
    - Harga kompetitif. Kami bukanlah travel agent dengan harga termurah, tetapi kami lebih mengutamakan kualitas pelayanan. Kami selalu memilih provider seperti rafting yang memiliki fasilitas yang bagus, pelayanan ok. Percayalah, harga selalu berbanding lurus dengan pelayanan.
    - Terlengkap. Ekuta melayani pembelian voucher sewa mobil hingga tiket pertunjukan seni Bali seperti tari Kecak atau Barong
    - Alternatif pembayaran banyak.Selain pembayaran via bank transfer atau paypal, bisa juga melalui western union, kantor pos atau membayar langsung di semua outlet Mister Lele SPESIAL SAMBAL (rumah makan favorit di Bali). Info outlet di www.misterlele.com atau www.spesialsambal.net
    - Pelayanan supir / driver on time. Khusus pelayanan sewa mobil Bali di e-kuta.com, pelayanan supir selain ramah dan profesional, juga mengedepankan on time atau tepat waktu.
    - Sewa Mobil Mewah di Bali. Kami juga melayani client-client spesial seperti dari pimpinan perusahaan, pejabat dll dengan berbagai pilihan kendaraan mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard, camry, BMW x5, Smart for two, Mini cooper, Mercy, Rubicon, Hummer dll baik untuk keperluan liburan, bisnis, wedding / prewedding maupun konferensi.

    Tags: , , Kategori Sejarah




    2 Komentar untuk artikel “Situs Batu Gambir – Upit di Desa Julah, Tejakula – Buleleng Bali”

    1. I Nyoman Karsana,SH berkomentar :

      Terimakasih atas publikasi tentang desa Julah,salah satu desa tertua di Bali Utara yang merupakan salah satu Desa Bali Mula ( original Balinese ) yang perlu dikonservasi yang selama ini kurang mendapat perhatian. Hal ini menyebabkan tergerusnya tradisi,adat istiadat yang kadangkala berlawanan dengan universalisme agama dan perkembangan jaman. Hal yang perlu mendapat penjelasan adalah…berapa lembar prasasti Julah – Sembiran??? Sebab sepengetahuan kami bahwa 11 lembar tersimpan di Pura Desa Julah, dan 9 lembar tersimpan di pura Desa Sembiran yang belakangan terbentuk di bandingkan desa Julah. Terakhir ini ada perbedaan data bahwa yang tersimpan di desa Julah tinggallah 10 Lembar,dan di Sembiran 9 Lermbar.Kemana hilangnya satu ( 1 ) lembar prasasti dari abad IX – XIV tersebut??? Hilang diambil orang ataukah karena satinya prasasti sehingga bisa menghilang??? Maksudnya dulu ada sekarang hilang tak berbekas??? Siapa yang bertanggung jawab??? Kemana kami harus mengadu??? adakah yang bnisa membantu??? Mhn informasi yang terkait dengan hilangnya +/- 1454 gram emas berupa mahkota Raja yang tersimpan di Pura yang disucikan???? Untuk info mohon hubungi 081236442373. Pasti Tuhan/Ida Sesuhunan Hyang Widhi akan membalas pahala dan budi baik para pembaca.

    2. eka jeni berkomentar :

      Terimakasih atas publikasi tentang desa Julah.KEMBALIKAN DESA JULAHKU
      Desa Julah merupakan salah satu Desa Bali Kuno yang ada di kabupaten Buleleng. Desa Julah merupakan desa Bali Mula yang menganut tradisi Pra Bali Aga dengan ciri has kebudayaannya yaitu tidak mengenal sor singgih bahasa, tidak mengenal soroh, tidak melaksanakan persembahyangan diluar desa, tidak mengenal kawitan,nyiwe rage, penguburan mayat dilaksanakan sebelum matahari terbenam tanpa dewasa kecuali ngaben,di kuburan tidak boleh menggunakan segala bentuk api baik upacara ngaben maupun tidak, saat persembahyangan baik ditingkat desa maupun keluarga tidak menggunakan sarana dupa maupun bunga, tidak mengenal trisandya maupun kramaning sembah, bangunan ibadah tidak mengenal padmasana, tugu, dan candi. Seiring dengan berkembangan zaman yang semakin maju tidak dipungkiri Desa Julah sudah mulai mendapat pengaruh dari luar yang sangat mudah diterima oleh masyarakat melalui media masa seperti televisi,radio, surat kabar, dan internet yang sudah masuk desa sehingga Desa Julah sudah mulai mengalami perubahan, saya selaku warga memimpikan desa saya kembali seperti dahulu. saya berharap dengan adanya tulisan tentang desa julah dari hasil penelitian dll bisa menyelamatkan dan melestarikan desaku.

      ekajeni

    Tulis Komentar