Voucher Paket Wisata yang DIjual di e-kuta.com selain dgn BOOKING ONLINE, bisa dibeli di outlet SPESIAL SAMBAL mister lele (MLSS) , klik di sini
Powered by MaxBlogPress  






Sanur, Nusa Dua, Kuta Jadi Pilot Project Kawasan Wisata Berkualitas

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Beritabali.com, Denpasar. Kawasan wisata Sanur, Nusa Dua, dan Kuta akan menjadi pilot project kawasan pariwisata yang berkualitas. Ketiga kawasan ini akan ditata dan dibangun menjadi kawasan percontohan sebagai model penataan kawasan pariwisata yang berkualitas

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mary Elka Pangestu, seusai bertemu Gubernur Bali, di Kantor Gubernur, Senin (13/1).

“ Untuk penataan kawasan ini, Pemerintah akan selalu melakukan koordinasi dengan masyarakat, semua akan berdasarkan masukan dari masyarakat, agar bisa memanfaatkan komunitas masyarakat dan diusahakan agar tidak merusak lingkungan”, tegas Marry.

Menurut Marry selama ini juga telah dilakukan Fokus Group Discussion, agar semua bisa memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat, tambah Mary. Marry juga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam pengembangan pariwisata Indonesia tahun 2014 adalah, pembenahan dan penataan destinasi pariwisata, pembangunan fasilitas dan infrastruktur, meningkatkan kualitas SDM Industri Pariwisata, membuat standarisasi pekerja di bidang pariwisata dan promosi Pariwisata.

Target kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2014 adalah 9,2 juta dengan tetap mengandalkan 5 pasar utama yaitu Australia, RRT, Malaysia, Jepang dan Singapura.
Pariwisata akan tetap menjadi salah satu unggulan dalam mendorong pembangunan ekonomi Indonesia yang mana tahu 2013 pertumbuhan ekonomi dari pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai 5,26% sedikit lebih tinggi dari rata-rata pertmbuhan ekonomi nasional, pungkas Mary.

Gubernur Pastika dalam keterangannya kepada wartawan membenarkan bahwa Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata akan membantu Pemerintah Daerah Bali dalam melakukan penataan kawasan pariwisata, dengan membangun infrastruktur yang dibutuhkan dikawasan tersebut.

“Untuk sementara hanya tiga kawasan yang akan dijadikan pilot project di Bali yaitu Pantai Merta Sari di Sanur, Pantai Pandawa di Kuta dan Pantai di kawasan Nusa Dua”, tegas Pastika.

Selama ini memang pembangunan pariwisata di Bali sudah berjalan, akan tetapi bantuan dari Pemrintah Pusat ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa meringakan beban pemerintah daerah, sehingga dana yang dipunyai bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain, tambah Pastika. Meskipun pembangunan pariwisata sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Bali, Pastika mengharapkan masyarakat Bali harus tetap menjaga pertanian dan tidak berbondong-bondong pindah ke kota untuk bekerja di sektor Pariwisata.
“ Tanpa pertanian budaya Bali akan hilang, hilangnya budaya Bali parwisata pun akan hilang”, pungkas Pastika. [bbn/hms]

Sumber : http://beritabali.com/index.php/page/berita/dps/detail/2014/01/15/Sanurkoma-Nusa-Duakoma-Kuta-Jadi-Pilot-Project-Kawasan-Wisata-Berkualitas/201401150003

» Kategori Advertorial | ,

Menikmati Bulan Madu Kedua

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Tak terasa perkawinan sudah berbilang tahun. Mulai terasa rutin, itu-itu saja, dan membosankan! Bulan madu adalah kesempatan terbaik untuk merefleksikan perkawinan sekaligus menikmati waktu berdua saja agar bisa bicara bebas, dari hati ke hati.

Waktunya bisa Anda pilih di hari ulang tahun perkawinan atau saat cuti.  Tempat bisa disesuaikan dengan bujet yang tersedia. Sebelum pergi bulan madu, siapkan beberapa urusan penting berikut ini agar kebersamaan Anda sukses.

1. Menitipkan anak. Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda berencana bulan madu adalah menitipkan anak di tempat yang aman dan terpercaya, diantaranya rumah orang tua atau mertua. Bicarakan rencana Anda jauh-jauh hari. Latih anak untuk menginap tanpa Anda, hanya dengan pengasuh. Bawa semua kebutuhan anak seperti susu, obat, mainan, asuransi kesehatan dan nomor telepon dokter.

2. Tempat idaman. Saatnya bagi Anda untuk memutuskan berbulan madu ke satu tempat yang benar-benar ingin Anda berdua kunjungi, yang belum pernah terlaksana karena sibuk atau belum cukup dana. Atau mungkin Anda ingin kembali ke tempat bulan madu dulu.  Cari lewat internet hotel atau cottage yang menyediakan paket murah. Untuk melengkapi suasana bulan madu, minta pihak hotel untuk menata kamar khas bulan madu lengkap dengan makanannya.

3. Jauh dari rumah. Anda bisa memilih pegunungan, laut, atau kota besar untuk menghabiskan waktu berdua. Namun, sebaiknya, pilih tempat yang jauh dari kota Anda tinggal. Maksudnya agar Anda tidak tergoda untuk pulang cepat karena ingat si kecil. Misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta, pilihlah Bromo, Bunaken, atau ke negeri tetangga Thailand atau Vietnam. Pergi beberapa hari dengan kapal pesiar bisa  menjadi pengalaman yang berbeda.

4. Tetapkan kegiatan berdua. Bulan madu kedua adalah sebuah cara untuk meningkatkan kualitas hubungan.  Rencanakan kegiatan yang bisa dilakukan berdua. Anda bisa duduk di pantai, berpelukan, menunggu matahari terbenam atau menghabiskan waktu di kamar sambil menonton video perkawinan. Jika Anda berdua suka petualang, lakukan rafting, sky diving, jetski, atau mendaki bukit.

5. Rekam perjalanan. Siapkan video dan kamera untuk merekam perjalanan bulan madu. Cobalah  membuat skrip sederhana. Misalnya dengan membuat rencana seperti ini; Persiapan yang merekam tiket, baju yang akan akan dipakai dan tas-tas yang akan dibawa.  Perjalanan, merekam sepanjang perjalanan dengan kereta, pesawat atau mobil. Sesekali minta orang lain mengambil gambar Anda berdua. Penginapan, rekam semua detail penginapan berikut suasana bulan madu yang dibangun. Kegiatan, rekam kegiatan sarapan, berpelukan di pantai, makan malam romatis. Rekaman ini disertasi dialog Anda berdua.

6. Tidak bertengkar. Rencanakan perjalanan yang santai dan tidak diburu-buru waktu yang memicu kemarahan. Untuk mencegah bertengkar hindari mengungkapkan kekurangan masing-masing. Isi waktu dengan kegiatan sederhana yang manis. Misalnya, jika Anda menginap di cottage di pegunungan, siapkan makan malam di luar, di bawah taburan bintang. Jika kamar hotel Anda memiliki balkon, minta pihak hotel menata meja di balkon untuk makan malam. Saat itu Anda bisa mengatakan harapan-harapan ke depan dari perkawinan Anda.

7. Cek jadwal menstruasi. Mencek jadwal menstruasi penting karena sebagian perempuan kerap mengalami sindroma pre menstruasi yang ditandai dengan pegal-pegal di pinggang, sakit perut, dan lemas. Situasi ini juga menyebabkan emosi tidak stabil yang ditunjukkan dengan uring-uringan dan mudah tersinggung. Jelas keadaan seperti ini menganggu suasana bulan madu. Jika bulan madu berbarengan dengan jadwal menstruasi, bisa-bisa mengganggu kemesraan.

Sumber : http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/keluarga/tips/menikmati.bulan.madu.kedua/001/005/978/1/1

» Kategori Tips Liburan | Tags: , , , ,

Mau Hemat Saat Libur, Ini Tips Liburan Tanpa Boros

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

INILAH.COM, Jakarta – Libur Lebaran mungkin masih tersisa dua hari lagi. Anda dan keluarga yang belum sempat pergi berlibur, akhir pekan ini dapat digunakan untuk pergi berlibur.

Atau Anda baru dapat cuti setelah libur Lebaran, dan berencana liburan pada pekan depan. Anda pun dapat merencanakan anggaran liburan agar tidak menguras kantong, dan menimbulkan utang. Ingin Anda tidak meninggalkan utang setelah liburan, berikut tips agar kocek Anda tidak terkuras yang disampaikan oleh Perencana Keuangan ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, seperti dikutip dari situs ZAP Finance, Jumat (9/8/2013):

Pertama, tentukan destinasi liburan
Domestik atau internasional, kota besar atau kota kecil. Sesuaikan pilihan berlibur dengan kemampuan keuangan Anda saat ini, karena Anda sudah tidak bisa menabung lagi.

Kedua, Transportasi liburan
Biaya untuk transportasi ini tidak hanya memperhitungkan biaya menuju destinasi liburan, tetapi juga transportasi selama Anda berada di tempat tujuan.

Ketiga, Agenda liburan
Tentukan kegiatan apa yang ingin Anda lakukan selama berasa di tempat tujuan, sekedar jalan-jalan, pergi ke museum, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, atau hanya bersantai-santai saja.

Keempat, perhitungkan biaya lain-lain
Anda mungkin merasa perlu berbelanja beberapa barang yang akan digunakan untuk liburan, seperti sandal, kaca mata, dan koper baru. Masukkan biaya untuk belanja ini ke dalam budget liburan Anda. Jangan lupa membuat anggaran untuk pos belanja oleh-oleh.

Kelima, premi asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan akan sangat berguna untuk memproteksi resiko kerugian bila terjadi musibah selama perjalanan liburan ataupun bila liburan Anda batal dilakukan.

Prita menambahkan, jika Anda ditawari pinjaman tanpa bunga dan yakin penghasilan Anda cukup untuk melakukan cicilan, silahkan mengambil tawaran tersebut. Namun, jika pinjamannya dikenai bunga, sekecil apapun itu, lebih baik tahan diri Anda terlebih dahulu dan kumpulkan dana liburan Anda sendiri.

Sumber : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2018319/mau-hemat-saat-libur-ini-tips-liburan-tanpa-boros#.U0CWt6JvUf4

» Kategori Tips Liburan | Tags: , ,

Kegiatan Seru Mengisi Liburan Sekolah

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Liburan Sekolah hampir tiba, tapi Bunda gak bisa ambil cuti di kantor. Alternatifnya, berikan saja kegiatan seru bagi putra/putri Bunda agar tidak jenuh selama liburan.

anak1

Bagi Bunda yang sibuk bekerja dan tidak bisa meluangkan waktu untuk mengajak putra/putri berwisata selama liburan sekolah, beberapa kegiatan seru ini bisa dijadikan alternatif pilihan agar mereka tidak merasa jenuh di rumah tanpa ada kegiatan.

  • Hewan Peliharaan untuk mengisi liburan sekolah

    Coba berikan mereka hewan peliharaan yang disukainya dan biarkan mereka sibuk mengurus binatang peliharaannya tersebut. Anda bisa menyisihkan sudut halaman untuk kandang hewan peliharaan mereka. Waktu mereka pasti akan tersita dengan mengurus hewan peliharaan ini, sehingga mereka tidak merasa jenuh di rumah sendirian.

  • Bermain Air

    Anak-anak cenderung suka bermain air. Anda bisa memberikan kolam plastik buat mereka di halaman rumah dan biarkan mereka bermain-main dengan pistol airnya.

  • Daftar yang Harus dikerjakan

    Berikan ide daftar apa saja yang harus mereka kerjakan. Ajak mereka berdiskusi di meja makan. Misal saja mereka masih punya PR yang harus dikumpulkan saat masuk sekolah nanti, atau pekerjaan kelompok yang mengharuskan teman-temannya berkumpul di rumah, dsb.

  • Jadwal Membaca

    Coba Anda pilah-pilah buku-buku mana yang jarang dan bahkan belum pernah di baca. Berikan jadwal membaca untuk buku-buku tersebut. Atau jika memungkinkan belikan buku baru yang disukainya agar waktu mereka tersita untuk membaca buku-buku tersebut di sela waktu luang untuk mengisi liburan sekolah.

Sumber : http://id.theasianparent.com/kegiatan-seru-liburan-sekolah/

» Kategori Advertorial, Tips Liburan | Tags: , , ,

Tips Berlibur di Bali Saat Nyepi

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

detikTravel Community –  Banyak orang bilang, buat apa traveling ke Bali saat Nyepi? Di hari upacara adat ini, hampir tak ada aktivitas sama sekali. Tapi, Anda masih bisa menikmati liburan di Bali dengan 11 tips ini.

Bali memang sangat menggoda untuk dikunjungi, bahkan saat upacara Nyepi. Di hari Nyepi, wisatawan bisa merasakan syahdunya Pulau Dewata yang tanpa aktivitas.

Tapi, bukan berarti liburan Anda di Bali menjadi sia-sia. Setidaknya ada 11 tips liburan saat Nyepi di Bali:

1. Jangan pilih penerbangan H-1 Nyepi

Yang harus dipikirkan saat berlibur ke Bali saat Nyepi yaitu jangan memilih penerbangan H-1. Apalagi dengan jadwal kedatangan di Bandara Ngurah Rai di atas pukul 19.00 Wita. Karena dipastikan setiap jalan akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh.

Supir taksi hanya bisa mengantarkan traveler sampai jarak terdekat. Selanjutnya, traveler harus jalan kaki menuju hotel. Semua penerbangan di Bandara Ngurah Rai baru dibuka kembali setelah H+1.

2. Bawa senter elektronik

Bawa senter elektronik yang yang tinggal dicharge ketika habis. Gunanya, pada saat malam Nyepi, semua lampu di hotel harus dimatikan termasuk lampu kamar. Kecuali ada anak kecil dan lampu baca yang masih diperbolehkan menyala.

3. Bawa obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang diperlukan, karena semua apotek dipastikan tutup. Tapi rumah sakit 24 jam di Bali tetap buka. Tapi tetap saja, akses menuju ke rumah sakit yang ditutup. Anda harus berjaga-jaga soal kesehatan.

4. Membawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop

Jangan lupa bawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop. Apabila di hotel tempat Anda menginap ada kolam renang, pada saat Nyepi traveler masih bisa berenang di kolam renang tersebut sampai sore. Buku, ipad dan laptop juga bisa digunakan untuk mengusir kejenuhan selama di kamar.

5. Sedia makanan ringan dan minuman

Beli makanan ringan, air mineral, atau softdrink di minimarket. Semua minimarket di Bali akan buka hingga pukul 22.00 Wita sehari sebelum Nyepi. Jadi, jangan lupa persiapkan makanan dan minuman untuk di kamar saat Hari Nyepi.

6. Sediakan uang tunai sebelum Hari Nyepi

Sebelum Hari Nyepi, semua mesin ATM sudah dimatikan mulai pukul 18.00 Wita. Tentunya, uang tunai sangat diperlukan untuk membeli makan malam atau jajan sebelum Hari Nyepi tiba.

7. Tanyakan pada pihak hotel tentang pelayanan selama Nyepi

Saat Nyepi, traveler tidak diperkenankan keluar dari hotel. Peraturan ini dimulai pada pukul 06.00-06.00 Wita keesokan harinya. Jadi, tanyakan pada pihak hotel untuk makan siang dan makam malam di restoran hotel.

Tanyakan juga apakah pekerja hotel diperbolehkan bekerja melayani tamu selama Nyepi. Untuk makan malam biasanya dibatasi hanya sampai pukul 18.00 Wita saja.

8. Isi waktu dengan berbagai kegiatan di hotel

Anda bisa mengisi hari dengan berenang di kolam renang hotel, bersantai di kamar, membaca buku, dan lain-lain. Ingat, semua siaran TV lokal ditiadakan, termasuk radio. Oleh sebab itu, jika televisi hotel menggunakan cable atau satelit TV maka televisi hanya mendapat siaran asing saja.

9. Jangan membaut kegaduhan di hotel

Jangan membuat kegaduhan karena biasanya para petugas hotel atau pecalang akan memperingatkan Anda.

10. Kurangi cahaya lampu kamar saat malam hari

Ketika malam tiba, buat lampu kamar Anda agak temaram. Jangan hidupkan semua lampu, kecuali tirai kamar cukup tebal dan menutupi area jendela. Sehingga tidak ada sinar yang bisa keluar dari kamar.

11. Coba keluar kamar (hanya di dalam hotel) saat malam

Cobalah keluar kamar untuk menikmati Bali saat gelap gulita. Pulau Dewata yang biasanya dipenuhi kerlap-kerlip lampu, hanya disinari bulan dan bintang yang bersinar begitu cerah.

Nyepi adalah saat perenungan. Seandainya ritual ini dilakukan di seluruh Indonesia, bisa dibayangkan penghematan energi yang begitu besar. Setelah Nyepi berakhir, masyarakat Bali akan saling bersilaturahmi dan sembahyang di pura keluarga untuk merayakan Tahun Baru Saka.

Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/03/11/115000/1879227/1025/tips-berlibur-di-bali-saat-nyepi

» Kategori Advertorial, Tips Liburan | Tags: , , , ,

Memilih Hotel di Bali Saat Nyepi

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

KOMPAS.com - Sudah sejak lama hotel-hotel di Bali biasanya mengeluarkan paket promosi dengan harga spesial menjelang Nyepi. Harga tersebut biasanya berlaku untuk menginap saat Nyepi berlangsung.

Ini merupakan momen yang tepat untuk berlibur ke Bali. Selain tarif menginap di hotel yang cenderung lebih murah, suasana Bali juga relatif tidak terlalu padat turis seperti saat liburan akhir tahun.

Namun perlu diingat, saat hari Nyepi yang tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret 2014, turis tidak boleh melakukan kegiatan di luar hotel. Jadi, selama 24 jam, turis harus berada di dalam hotel.

Bali akan menyepi, menghentikan segala aktivitas. Serta gelap di malam hari karena tidak boleh menyalakan lampu. Nah, sebelum memilih hotel mana yang cocok untuk Anda inapi untuk berlibur di Bali saat Nyepi, simak tips berikut.

Pilih daerah mana. Pertimbangkan daerah mana yang akan menjadi tempat Anda menginap. Apakah di selatan Bali seperti area Kuta-Legian, Seminyak, Jimbaran, Uluwatu, atau Nusa Dua?

Bisa juga daerah barat Bali seperti Tabanan atau Negara. Pilihan bisa pula jatuh di timur Bali seperti kawasan tepi pantai wilayah Karangsem, misalnya Amed dan Tulamben. Atau, daerah Klungkung seperti Nusa Lembongan.

Utara Bali juga bisa menjadi alternatif, misalnya daerah Lovina di Buleleng. Daerah tengah seperti kawasan Danau Batur di Bangli dan Ubud di Gianyar.

Cara menentukan daerah mana adalah dengan mempertimbangkan kondisi Bali seperti apa yang Anda cari. Jika senang keramaian, maka selatan Bali pilihan Anda.

WWW.FOURSEASONS.COM Restoran Sundara di Hotel Fourseasons Jimbaran Bali.

Untuk mendapatkan suasana Bali yang masih tradisional, coba pilih di luar selatan Bali. Beberapa hotel dan resor di Karangasem dan Tabanan menawarkan suasana privat yang sepi. Begitu pula beberapa hotel di Ubud.

Promo paket Nyepi. Setiap hotel berbintang dan resor di Bali umumnya memiliki paket menginap dalam rangka Nyepi. Paket ini biasanya terdiri dari menginap selama dua malam, sarapan, makan siang, dan makan malam.

Jangan kaget karena hotel mewah pun bisa memberikan harga spesial. Umumnya harga jadi lebih murah jika Anda memesan lebih dari dua malam.

Bandingkan harga. Bandingkan harga paket menginap satu hotel dengan hotel lainnya. Terutama di satu kawasan yang Anda incar.

Cari tahu tambahan apa saja yang Anda peroleh dari paket tersebut. Harga paket bisa saja sama, namun beberapa hotel juga menambahkan fasiltas tertentu dalam paket tersebut, misalnya gratis pijat.

Bandingkan pula harga paket hotel di suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Kadang, hotel di luar selatan Bali menawarkan harga yang lebih murah.

Fasilitas hotel. Karena di hari Nyepi, Anda hanya berada di dalam hotel, cari tahu fasilitas apa saja yang tersedia. Misalnya spa, kelas yoga, kolam renang, pusat kebugaran, dan sebagainya.

Untuk spa atau fasilitas lainnya yang harus membayar tambahan, tanyakan apakah ada diskon khusus. Kenali pula restoran yang tersedia di hotel tersebut.

Aktivitas di dalam hotel. Beberapa hotel biasanya menyediakan aneka aktivitas untuk tamunya selama Nyepi. Umumnya, hotel akan membuat acara menonton film bersama.

Dok. Le Meridien Bali Jimbaran Smoqee Sky Bar, Le Méridien Bali Jimbaran.

Tanyakan apakah hotel yang Anda incar memiliki aktivitas semacam ini. Aktivitas lainnya misalnya kelas yoga dan meditasi. Banyak pula hotel yang memberikan aktivitas untuk anak-anak seperti kelas belajar menari atau kelas prakarya.

Gelap di malam hari. Karena di malam hari lampu tidak boleh dinyalakan, suasana hotel biasanya sangat gelap, terutama ketika harus berjalan di lingkungan hotel.

Beberapa hotel bahkan harus membekali tamunya senter. Jika Anda termasuk yang takut gelap, sebaiknya tanyakan seberapa gelap kondisi hotel nantinya.

Namun jika Anda tak masalah dengan kondisi ini, pilih hotel yang memiliki tipe kamar vila yang terkesan privat atau setiap kamar berjarak. Lalu pilih hotel tersebut berada di lingkungan yang masih asri seperti di tengah hutan layaknya beberapa hotel mewah di Ubud.

Nah, keluarlah di teras saat malam. Di saat langit cerah dan karena sekelilingnya begitu gelap, Anda akan takjub saat mendongak ke langit. Bintang-bintang tampak begitu banyak dan terlihat jelas.

Sumber : http://travel.kompas.com/read/2014/03/22/1041036/Memilih.Hotel.di.Bali.Saat.Nyepi?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

» Kategori Advertorial | ,

Promo Nyepi 2014

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Sahabat e-kuta.com,

Menyambut datangnya hari raya Nyepi 2014 ini team e-kuta.com banyak sekali memberikan harga diskon untuk paket wisata di Bali seperti voucher Ayung dan Telaga Waja Rafting, Sewa Mobil, Tiket Tari Kecak dan Barong, Spa, Seafood Jimbaran, Seawalker, Watersport Tanjung Benoa, Quicksilver Bounty dan Bali Hai Cruise, kapal selam Odyssey Submarine, Tiket Bali Bird Park, cycling dan lain-lain.

Ayo biarkan team e-kuta.com membantu liburan Anda di Bali menjadi seru dan menyenangkan.

Hubungi tim Ekuta Holiday Bali :

  • Telp. 0361 2786524, 0361 4091019
  • Mobile. 081236124950, 081353454212
  • PIN BB : 26D4A333
  • Email : sales@e-kuta.com
  • Skype :baliberjaya

Terima kasih dan selamat merencanakan liburan Anda di Bali

» Kategori Advertorial | Tags: , , ,

Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Liburan sekolah, ngapain saja ya?

anak-anakPada umumnya, masa liburan sekolah merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Karena dengan adanya liburan sekolah, anak bisa mengerjakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkannya dan terbebas dari tugas-tugas sekolah yang rutin mereka lakukan. Terlepas dari berat ringannya tuntutan tugas sekolah yang harus mereka kerjakan sehari-hari, pada dasarnya setiap manusia, tak terkecuali anak, membutuhkan liburan. Liburan diperlukan karena tubuh dan pikiran manusia perlu penyegaran dan pembaharuan kembali setelah sekian lama menjalani kegiatan-kegiatan rutinnya sehari-hari. Adanya aktivitas liburan yang efektif akan membuat seseorang terhindar dari kejenuhan dan penurunan semangat pada saat melakukan tuntutan tugas rutinnya kembali.

Oleh karena itulah, adanya momen liburan sekolah anak menjadi sangat penting. Namun bagi sebagian orangtua, adanya liburan sekolah anak, kadang-kadang justru menimbulkan masalah atau kesulitan bagi mereka. Kesulitan dalam mencari aktivitas liburan yang bermanfaat bagi anak, kesulitan menyesuaikan waktu cuti orangtua dengan waktu libur anak serta adanya keterbatasan dana orangtua untuk membiayai aktivitas liburan anak, merupakan beberapa contoh kesulitan yang bisa dialami orangtua dalam menghadapi liburan sekolah anak.

Untuk mengatasi kesulitan mencari aktivitas liburan yang bermanfaat bagi anak, diperlukan wawasan pengetahuan orangtua dan anak dalam mengisi liburan sekolah agar momen liburan yang ada, dapat dipergunakan secara efektif. Kurangnya wawasan pengetahuan mengenai berbagai alternatif kegiatan liburan yang bermanfaat, dapat membuat anak kehilangan fungsi utama dari adanya liburan dan bukan tidak mungkin bahkan dengan adanya liburan, justru menimbulkan rasa jenuh dan menurunkan kesegaran tubuh anak. Misalnya membuat anak menjadi terbiasa bermalas-malasan, menonton televisi sepanjang hari, dsb.

Berikut ini ada Beberapa contoh kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi liburan sekolah anak, yang diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan orangtua dan anak dalam menentukan alternatif kegiatan liburan.

  1. Kegiatan yang dapat menunjang kreativitas dan imajinasi anak. Misalnya membuat berbagai bentuk lilin atau tanah liat, melukis, menggambar komik, mengarang puisi, dsb.
  2. Kegiatan yang menunjang perkembangan fisik dan ketrampilan anak, seperti berenang, menari, senam, menjahit, jalan pagi, bermain badminton, dsb.
  3. Kegiatan yang melatih kemampuan bersosialisasi anak. Misalnya dengan mengajak anak bersilaturahmi atau berkunjung ke rumah sanak saudara, menginap di rumah nenek, bermain dengan anak tetangga, dsb.
  4. Kegiatan yang dapat menunjang kecerdasan emosi anak. Misalnya mengajak anak ke panti asuhan, melihat daerah pemukiman penduduk miskin, panti jompo atau mengunjungi korban bencana alam sehingga tumbuh rasa empati anak terhadap orang lain.
  5. Kegiatan yang menambah wawasan pengetahuan anak. Misalnya mengajak anak ke museum, candi, toko buku, berkunjung ke pedesaan, berbelanja ke pasar tradisional, dsb.
  6. Kegiatan yang menunjang kecerdasan spiritual anak. Misalnya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata alam, seperti pegunungan, kebun raya, laut, danau, ikut pesantren kilat atau tadabur alam, dimana anak bisa mengagumi kebesaran Tuhan dan menambah rasa syukur.
  7. Kegiatan yang dapat menunjang daya nalar anak, seperti berkunjung ke kebun binatang, bereksperimen dalam kelompok sains, dsb.
  8. Kegiatan yang menunjang pengembangan pribadi,seperti memupuk rasa tanggung jawab dan kemandirian anak. Misalnya dengan mengikutkan anak dalam acara-acara outbound, kemping bersama teman-teman sekolah, dsb.

Dari berbagai contoh kegiatan tersebut, anak bisa memilih alternatif kegiatan di atas atau mencari alternatif kegiatan lain untuk dilakukan selama liburan. Agar alternatif kegiatan yang dipilih menjadi efektif dalam mengisi liburan anak, berikut ini ada tips yang bisa dijadikan pedoman:

  1. Kegiatan liburan hendaknya merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi anak atau sesuatu yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya sehingga anak dapat melakukannya dengan suka hati/tidak ada keterpaksaan.
  2. Kegiatan liburan yang dipilih harus dapat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak.
  3. Bila momen liburan ini melibatkan seluruh anggota keluarga, maka pemilihan alternatif kegiatan liburan hendaknya didasarkan pada musyawarah untuk mufakat. Misalnya orangtua bersama anak-anak bisa mendiskusikan tempat rekreasi yang akan dikunjungi. Dalam kesempatan ini, orangtua sekaligus bisa melatih kemampuan anak dalam membuat pertimbangan–pertimbangan logis, mengekspresikan keinginan atau ide, bertoleransi, memutuskan pilihan, merencanakan jadwal acara liburan, dan sebagainya.
  4. Bila orangtua tidak mampu menyediakan dana yang cukup untuk liburan anak, maka sebaiknya orangtua dapat mencari alternatif kegiatan liburan anak yang tidak memerlukan biaya besar namun anak tetap dapat memperoleh manfaat dari kegiatan liburannya, seperti mengajak anak menginap ke rumah nenek/saudara sepupu anak, membuat kerajinan tangan dari barang bekas, lari pagi, main sepeda, mencoba resep masakan sederhana, membebaskan anak melakukan eksperimen sains sederhana dengan teman-temannya, atau mengajak anak membuat suatu karya yang hasilnya bisa dijual, dsb.
  5. Bila orangtua tidak memiliki waktu yang cukup untuk bersama anak menikmati liburan akibat dari kesibukan kerjanya sehari-hari, maka sebaiknya orangtua tetap mencoba meluangkan waktu untuk menjalin kedekatan dengan anak, walaupun tidak sepanjang hari libur anak. Tunjukkan pada anak bahwa orangtua tetap memperhatikan anak, dengan terus mengusahakan terciptanya suasana liburan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak.
  6. Bila orangtua tidak memiliki waktu yang cukup untuk menemani anak berlibur, tapi mereka memiliki dana yang cukup untuk memfasilitasi liburan anak, maka orangtua bisa mengikutkan anak pada berbagai kegiatan liburan yang diselenggarakan oleh organisasi profesional yang bergerak di bidang paket-paket liburan sekolah, misalnya outbound, kelas memasak, kelompok eksperimen sains, dsb. Hal ini bermanfaat bagi anak dalam mengasah minat, ketrampilan dan kemandiriannya.

Sumber : https://www.sahabatnestle.co.id/Page/anak/parenting/dunia/tips-mengisi-liburan-sekolah-anak

» Kategori Tips Liburan | Tags: , ,

PROMO !!! Sewa Mobil Murah e-kuta.com Maret – April 2014

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Halo sahabat e-kuta.com..

head1

Menyambut bulan Maret – April 2014 ini, team e-kuta.com memberikan harga diskon khusus untuk penyewaan mobil dan sepeda motor di Bali.

Kami menyediakan banyak pilihan kendaraan dari Toyota Avanza / Xenia ke jenis super mewah seperti Mercy All Series, Hummer dll. Driver kami juga ramah dan sangat bersahabat yang membuat liburan Anda di Bali akan aman dan nyaman pastinya.

Jadi jangan ragu menghubungi tim Sewa Mobil e-kuta.com dan kami pastikan liburan Anda seru dan menyenangkan di Bali.

Hubungi e-kuta.com
0361 2786524, 0361 4091019
Mobile. 081236124950, 081353454212

» Kategori Advertorial | Tags: , , ,

Kantor e-kuta.com (Ekuta Holiday) Tutup 31 maret 2014

Ditampilkan oleh Kenzie Kayana

Pengumuman…

Menyambut hari raya Nyepi di Bali, pada tanggal 31 Maret 2014, kantor e-kuta.com (Ekuta Holiday) tutup selama 1 hari penuh. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Untuk proses booking, tetap bisa dilakukan via SMS ke : 081236124950

Terima kasih dan selamat merencanakan liburan seru Anda di Bali.

 

» Kategori Advertorial | Tags: , ,